Kena Scam di Bangkok

Ah, akhirnya saya kena scam juga. Jadi waktu itu ceritanya kami baru saja  mendarat di Bangkok. Pesawat yang delay lebih dari satu jam membuat kami membatalkan satu obyek malam itu. Mendarat pukul 20.30 di Don Mueang akan menghabiskan waktu satu jam lagi di perjalanan dari Bandara ke downtown kota Bangkok.

Pukul 10.00 ternyata kami baru sampai di hotel di daerah Lumpini Park. Setelah cek in dan bebersih badan, kami akhirnya merelakan cuma jalan-jalan di sekitar hotel kami. Karena perut terasa lapar, kami ber enam akhirnya memutuskan untuk mencari makan dulu sebelum jalan lebih jauh. Di perjalanan keluar hotel mencari makan, kami berpapasan dengan empat orang yang turun dari taksi. Dari tampangnya mereka tampak dari timur tengah dan mereka berpura-pura mencari topik pembicaraan. Teman saya yang mengenakan jilbab menjadi sasaran pertama kali dan ‘mengatasnamakan’ agama yang sama untuk membuka pembicaraan.

Gerah karena diikuti kami akhirnya masuk ke seven eleven yang terletak dekat dengan hotel kami. Empat orang yang terdiri dari satu ibu-ibu bergaun gamis hitam dua bapak-bapak dan satu lagi nampak masih muda berpura-pura mencari makanan halal untuk mereka. Mereka kemudian bilang ingin pergi ke Indonesia dan menanyakan mengenai Indonesia termasuk kurs untuk mata uang Indonesia.

Diantara lorong-lorong display seven eleven itu kami seolah ‘diwawancarai’ oleh masing-masing orang dari mereka. Wah, teman saya sudah mengeluarkan dompet dan mereka tampak excited mengetahui isi dompet teman saya. Saya dekati mereka malah justru saya juga ikut membuka dompet. Mereka memamerkan isi dompet yang tampak tebal (dan ternyata hanya pecahan 10 USD yang berejejer jejer di dompet mereka) dan kamipun tidak sadar mengeluarkan isi dompet yang tidak seberapa banyak itu

Mereka ternyata mengincar dollar kami. Dengan kecepatan tangan, mereka menghitung isi dompet kami dengan cepat dan itu diluar kesadaran kami. Setelah itu mereka tampak masih sok akrab dengan bertanya-tanya hal yang tidak penting dan berpamitan baik-baik. Memang setelah berpamitan mereka tampak buru-buru menaiki taxi dan segera meninggalkan seven eleven.

Salah satu teman saya yang masih tampak kebingungan segera keluar dari seven eleven dan diikuti kami semua. Dia membuka dompetnya dan taraa… dollar satu-satunya yang ada di dompetnya raib. Begitupun dengan pecahan 1000 bahtnya. Wah, saya lemas. lembaran-lembaran 100.000 rupiah dan 1000 baht saya juga menjadi sasaran. Begitupun dengan satu lagi teman saya yang kehilangan dollarnya dan 1000 baht yang dimilikinya.

Scam di Bangkok saat ini sedang meningkat seiring dengan ketidakstabilan politik di negara itu. Bangkok yang menjadi tujuan wisata terkenal di seluruh dunia mempunyai banyak sekali macam scam yang harus diwaspadai. Scam yang saya alami yang barusan saya ceritakan mungkin karena gendam sehingga kami dengan polosnya mengeluarkan dompet dari saku dan membiarkan mereka mengacak-acak isinya. Kerugian kami setelah dihitung mencapai 3 juta. Lumayan juga untuk saya yang selalu membudget pas dalam tiap perjalanan. Memang sudah seharusnya kita waspada dengan orang yang SKSD di perjalanan apalagi sampai menyentuh fisik. Siapa tahu itu gendam?

13 responses to “Kena Scam di Bangkok

  1. selalu hati – hati mengeluarkan dompet di perjalanan deh 😀 kalau saya jarang pakai dompet, uang selalu saya pisah – pisah tempatnya heheee biar ada cadangan kalau terjadi apa – apa 🙂

    • nah, biasanya saya tinggal di tas juga..bawa seperlunya. karena itu baru benar2 sampai dan langsung pada ngajakin keluar lg, saya blm sempat pisahin..huhuhu…

  2. Ngeri juga di thai ada gendam
    saya kalau jalan-jalan selalu menggunakan 2 dompet. yang satu isinya rada banyak dan selalu disimpan di tempat rahasia di tas. sedangkan yang satunya perkiraan uang yang akan dihabiskan pada hari tersebut sesuai itin. jadi kerjaan tiap shubuh sebelum jalan-jalan ya ngecek catatan sama uang yg ada. balance apa tidak. hehehe

  3. Hati-hati keluarin dompet kalo pas di jalan. Dalam negeri aja kadang bisa terjadi apalagi di luar negeri 🙂

Leave a Reply

