Tujuh Tips Traveling ke Negara Bersuhu Dingin

Dengan makin murahnya tiket ke negara-negara yang jauh dan makin mudahnya pengurusan visa bagi penduduk Indonesia, saya melihat makin banyak orang Indonesia yang mampu bepergian jauh ke utara atau selatan menuju Lintang tinggi dimana tentu saja iklimnya akan kurang bersahabat bagi kulit tropis seperti kita. Dari pengalaman saya ke China di bulan Desember dan ke India di Bulan Januari dimana suhu mereka tidak jauh-jauh dari titik beku membuat saya jadi mulai paham apa saja yang harus dipersiapkan untuk suhu sedingin itu. Yang pasti, kita yang terbiasa di suhu 20 – 32 derajat celcius ini mungkin akan mengalami temperatur shock dimana mungkin akan dirasa pusing atau sekedar kulit pecah-pecah.

Apa saja sih yang harus dipersiapkan jika kita pergi ke negara-negara lintang tinggi di bulan-bulan November hingga Maret dimana suhu mereka akan sangat rendah, berikut ulasannya:

1. Jaket

Jaket tentu saja adalah barang yang paling wajib dibawa. Jaket untuk salju mempunyai dua lapisan penahan suhu dimana diantara dua lapisan itu akan ditenun bulu angsa yang sangat bagus untuk isolator suhu. Jangan tertipu dengan jaket-jaket tebal yang dijual di pasaran Indonesia karena belum tentu mempunyai lapisan bulu angsa di dalamnya. Terkadang bahkan hanya dacron yang disisipkan diantaranya. Jika suhu masih berkisar diatas 0 derajat celcius, isolator dacron akan berfungsi, tetapi jika lebih rendah daripada itu, bukan tidak mungkin kita akan mengalami radang dingin atau mati rasa karena jaket palsu itu. Jaket bulu angsa akan berharga 500 – 1.500 ribu tergantung kualitas bahannya dan merknya. Jaket bekas juga bisa dipakai. Jaket bekas dapat kita beli di negara asalnya dengan harga lebih murah

courtesy of mammothworkwear.com

courtesy of mammothworkwear.com

2. Long John

Ini bukan nama sosis raksasa melainkan baju dengan bahan poliester yang strech. Baju ini menempel sempurna di tubuh dan menghindari aliran angin didalam jaket. Disarankan mempunyai 2 -3 pasang baju dan celananya untuk sekali bepergian. Jika tidak pernah diganti, walau tidak berasa gerah, kulit kita akan tetap menderita ruam-ruam merah atau biang keringat karena long-john ini tidak menyerap keringat kita.

Seperti inilah bentuk long-john yang dijual di Indonesia seharga 90.000 – 200.000 perstelnya:

3. Tutup Kepala, Kaos Kaki dan Sarung Tangan

Tutup kepala dapat berbentuk tutup telinga saja, topi, syal, kapuchong, dan lain sebagainya. Lihatlah bahan yang dipakai. Rajutan wol seperti kita sering temui di Bromo, atau di Tangkuban Perahu tidak dapat menahan dingin. Butuh bahan kulit atau bahan imitasi yang lebih tebal untuk isolator panas. Harganya pun lebih mahal daripada bahan rajut. Begitu pula Kaos Kaki dan Sarung Tangan juga tidak sembarangan memilih terutama jika kita berada di suhu minus dibawah 5 derajat. Suhu terlalu dingin tanpa dilapisi sarung tangan akan membuat telapak tangan kita tremor, mati rasa atau kejang.

courtesy kanghaicap.en.made-in-china.com

courtesy kanghaicap.en.made-in-china.com

4. Sepatu

Sepatu merupakan hal terpenting selain jaket. Dengan sepatu yang baik yang mengandung isolator suhu, lelehan es tidak akan merembes ke dalam dan membasahi kaos kaki. Salju walau terkadang terlihat padat, jika terkena sepatu akan meleleh. Sepatu untuk suhu dingin sebaiknya dipilih yang diatas mata kaki dengan label insulator di sepatu/kardus kardunya. Makin tinggi sepatu akan semakin melindungi. Sepatu khusus salju dengan sistem insulator yang menahan dingin memang agak mahal harganya sekitar 700 – 1500 ribu. Jangan sembarangan memilih sepatu boat biasa yang bukan khusus salju karena resapan lelehan salju akan membuat radang dingin di jari-jari kaki yang dapat berakibat serius.

Sepatu yang mempunyai fungsi Insulator

Sepatu yang mempunyai fungsi Insulator

5. Menambah asupan Air & Makan Sesering Mungkin

Minum merupakan hal penting dalam cuaca dingin. Badan akan memanas jika kita berada di suhu dingin karena upaya menyeimbangkan suhu sekitar dengan suhu tubuh. Kita mungkin tidak akan berkeringat, tetapi metabolisme yang tinggi di udara dingin itu akan terbuang lewat urine. Jika kita kurang minum kulit akan mulai pecah-pecah dan bukan tidak mungkin akan berdarah.

Makan juga dapat menjadi pertahanan tubuh untuk memanaskan tubuh sehingga suhu tubuh akan seimbang. Daging dan protein penting karena lemak sederhana cepat diproses menjadi panas oleh tubuh. Jika kita telat makan maka tubuh akan cepat melemah dan perut akan kembung.

6. Melembabkan Kulit setiap saat

Kulit akan kehilangan kelembabannya karena suhu tubuh kita yang terus panas di udara yang dingin. Maka dari itu sangat disarankan membawa lotion untuk kulit kering atau anti UV karena tipisnya udara di lintang tinggi secara tidak langsung akan membuat sinar ultraviolet matahari cepat memapar kulit kita.

Jangan mandi dengan air terlalu panas pula. Memang mandi air panas akan terasa sangat nyaman di suhu dingin, tetapi kulit yang dengan cepat kehilangan kelembabannya akan terasa perih kemudian walau diberi lotion. Mandilah dengan air agak dingin tetapi dengan menggunakan washl-lap.

7. Jangan Tertipu Keadaan

Apa yang saya maksud dengan jangan sampai tertipu? Matahari cerah diatas kepala dengan lelehan salju akan menurunkan suhu dengan signifikan. Justru ketika mendung selalu berada diatas kepala dan tumpukan salju dimana-mana, maka temperatur akan stabil di suhu yang lebih hangat. Angin ketika udara cerah di musim dingin juga membekukan yang mana dapat membuat orang bisa kehilangan kesadaran. Jika kita memperhatikan, di alat informasi suhu di negara lintang tinggi mungkin akan terdapat dua macam temperatur yang disebutkan: suhu riil dan suhu terasa. Hal itu menghindari adanya salah kira karena kedua bilangannya terkadang berbeda hingga belasan derajat.

Nah, selamat berlibur….

Advertisements

33 responses to “Tujuh Tips Traveling ke Negara Bersuhu Dingin

  1. Pertama baca blognya sekitar 2jam yg lalu dan gtau knp lgsg tertarik pgn join kalo lg backpackeran. Kok kayanya seru banget. Pgn info lebih detail kalo boleh join dong.. Thankyou😊 salam kenal

    • hehe, trimakasih mbak, be my honor nih komennya. ayo mbak, saya kebetulan mau ke beijing lagi bulan januari besok…kabar2 kalo pengen join

  2. Sy sgt stress memikirkan mau brkt ke korea bln januari pas musim dingin..takutx g kuat dingin soalnya dinginx bromo aja bikin sy ga menikmati…py resep khusus ga mghdapi org yg kyk sya..tks

    • saya kemarin persiapan juga lebay, ternyata setelah dijalani ternyata jauh lebih mudah, apalagi di kota besar, kedinginan ya tinggal masuk ruangan aja, semua sudah berpemanas bahkan cenderung gerah. tidak perlu baju berlapis2 kok, korea atau china masih sangat jauh dari kutub…jadi dinginnya masih sangat bisa ditolelir

  3. makasi buat tipsnya. Insha Allah akhir januari mo ke Izhevsk, Russia. Dan kebetulan sedang winter. o iya, beli jaket winter sama sepatu bootsnya gampang gak kalo di indo? soalnya ane tinggal di semarang 🙂

  4. Tq tipsnya, 🙂 bulan february nanti saya kebetulan mo ke korea, infonya disana lagi -15C, saya kebetulan alergi dingin, punya tips nya kah? Tq

    • mungkin membawa obat ringan anti alergi macam CTM bakal bantu mas kalo kulit bentol gatal karena saking keringnya bisa ruam2 merah. Kalau membawa lotion sebaiknya yang dibeli disana. Lotion kulit untuk dingin beda karena terbuat dari petroleum jelly atau lanolin. Untuk gatal karena kering bisa pakai produk khusus seperti nivea SOS care yang memang anti gatal. kemarin saya dibelikan teman dan cukup manjur untuk menjaga kulit supaya lembab

  5. saya rencana ke eropaawal agustus, apa saja yg perlu disiapkan ya? karena baru pertama pergi kesana. biasanya hanya seputaraern asia. terimakasih

    • untuk eropa di bulan2 musim gugur suhu belum terlalu rendah. Jadi jika tahan dingin, syal dan sweater rajut yang agak tebal saja cukup.

  6. saya ke eropa bulan september, dan akan mengunjungi mount titlis, apakah yang perlu saya siapkan? karena saya sudah takut duluan dengan suhu disana dan saya tidak tahan dingin? apakah longjhon yang dijual di Indo bahan nya bagus?

    • sama kok, longjohn sbnrnya dari bahan yg menahan panas, dan karena ketatnya menempel tubuh jadi bikin ngga ada sirkulasi di dalam pakaian. longjohn juga kebanyakan import kok, walau ada banyak jg yg merek lokal

    • bbrp tahun terakhir ini cuaca sudah ndak menentu mbak liencriselda. kdg asia tidak dpt salju sampai musimnya lewat, kadang sangat tebal. tapi kalo ada salju suhunya akan lebih hangat daripada cerah di musim dingin

  7. Saya rencana mau umrah bln desember ini, tp sblmnya ke Turki dulu 3 hari. Berangkat dr Indonesia tgl 24. Apa tgl segitu udh turun salju di Turki? Apa aja yg hrs disiapkan? Apakah yg berjilbab sprt saya msh hrs pakai tutup kepala? Apakah baju benar2 hrs tebal semua? Mohon infonya, sebab sy bemar2 buta dlm hal ini. Terima kasih.

    • mbak dina, untuk turki sepanjang pengetahuan saya masih berada diatas 5’c kalau kondisinya tidak berangin, suhu segitu menggunakan sweater yg sedang ketebalannya sudah cukup hangat. yg perlu diperhatikan adalah kaos kaki dan penutup telinga. kalo dua permukaannya tertutup baik, maka badan akan lebih hangat.

  8. Halooo, saya berencana ke china utara (beijing/henan) minggu ke 3 bulan februari 2016 dan akan tinggal di china selama 1 thn, saya sedikit khawatir dengan musim dingin disana, maklum orang jakarta 😀
    Kira2 apa yang perlu di siapkan ya ? Apakah musim dingin disana dibawah 0 drajat ?

    Perlengkapan dingin di china pasti lebih murah ya dari pada di Indonesia ? hehe
    Apakah yang perlu di persiapkan untuk menghadapi winter di china ya ?

    Terimakasih 😀

    • wah kalo di beijing sering dibawah 0 suhunya. Salju akan bikin suhu sedikit hangat mas, asal berada di ruangan saja pas berangin terutama di musim gugur. itu rasanya lebih dingin. Tidak perlu khawatir tentunya disana banyak jual perlengkapan musim dingin kok

  9. Wooww aku rencana tanggal 19 november 2015 mau ke shangai itu kira kira suhu di tanggal tersebut seperti apa ya? terlalu dingin tidak dan apa aja kira kira yang harus di prsiapkan karna baru pertma kali nich ke shanghai jadi takut gak kuat dingin

  10. Selamat malam, sy mau tanya, apakah benar di saat musim dingin kita tidak diperbolehkan untuk mandi setiap hari di China. Btw, saya saat ini berada di Changsa,Hunan, China. Trims

    • prinsip pelarangannya adalah karena mandi (terutama dengan air panas) akan menimbulkan dehidrasi kulit. Kandungan alkali pada sabun akan merusak kelemababan alami kulit, untuk itu harus diimbangi banyak minum air dan lotion khusus anti gatal dan pecah pecah

  11. halo, mau tanya kalau kondisi di dalian gimana ya? mirip kayak beijing atau gimana? buat bulan feb/maret.. lalu, beli jaket bulu2, long john, sama sepatu dinginnya ada di glodok kah (jakarta)? kalau beli online agak ragu soalnya gak bisa pegang barang takutnya gak sesuai.. trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s