Jelajah Darat Menelusuri Indochina (Backpacker Style)

Mempersiapkan perjalanan ala backpacker menjelajahi indochina sesungguhnya lebih mudah daripada mengarrange budget untuk perjalanan di dalam negeri. Kepastian harga yang didapatkan akan mempermudah kita memperkirakan jumlah uang yang dibawa selama beperjalanan. Dua kali saya menjelajah empat negara sekaligus ternyata budget yang saya persiapkan tidak beda jauh dengan kenyataan di lapangan, dan lebih menyenangkannya lagi, kepastian waktu bisa saya dapat sehingga dua minggu perjalanan dapat benar-benar digunakan untuk mengunjungi tempat-tempat terbaik di seputaran negara-negara Indochina.

Berikut ini saya sharing  Itinerary perjalanan dan juga sekilas budgeting selama saya di Indochina dengan rute: Saigon – PhnomPenh – SiemReap – Bangkok – Phuket – Hatyai – Penang – Kuala Lumpur, tentu saja traveling ala Backpacker:

1. Indonesia (Day 1)

  • Airport Tax Bandara Soekarno Hatta (Rp. 150.000)
  • Damri ke Bandara Soekarno Hatta (dari Gambir) (Rp.   20.000)

2. Vietnam (Day 2 – 4)

  • Tiba di Tan Son Nhat Airport (Saigon/Hochiminh)
  • Taxi Tan Son Nhat – Distrik 1  (dengan Vinasun Taxi) (Vnd. 110.000)
  • Hotel di Area distrik 1 akan berkisar 5 – 10 USD permalam (Bui Vien dan Pam Ngu Lhao merupakan daerah turis)

      Berikut tips itinerary selama di Saigon/Hochiminh City):

  • Hari pertama jika sampai di malam hari, Bui Vien Street akan sangat menarik untuk dikunjungi, sekedar duduk bersantai menikmati minuman dingin diantara orang lalu lalang. Alternatif lainnya adalah belanja souvenir di Ben Tanh Night Market. Pasar Ben Tanh akan lebih meriah di malam hari.
  • Hari kedua, city tour sangat dianjurkan. Mengunjungi beberapa obyek wisata di seputaran distrik satu akan menghabiskan waktu seharian di hari kedua. Malamnya dapat mengunjungi water puppet opera atau mencoba naik kapal berkeliling kota.
  • Hari ketiga, dapat check out hotel pagi hari dan mengikuti one day tour ke ChuChi Tunnel, Floating Market atau Delta Mekong River. Kenapa di hari terakhir? Backpack kita akan dapat dititipkan dengan aman di travel agent tempat kita membeli one day tour ticket. Jadi tidak harus membawa serta backpack kita kemana-mana, paling tidak hingga pukul 04.30 sore waktu kita kembali dari one day tour. Untuk memperpanjang ‘masa titip’ tas kita, belilah tiket bus untuk menuju Phnom Penh Kambodia di agen yang sama.
  • Hati-hati dengan menyewa motor di Saigon, banyak scam dengan cara pencurian motor. Rental motor hanya di tempat terpercaya atau hotel yang bagus saja. Selain itu hati-hati dengan jambret.
  • Bus menuju Phnom Penh tersedia pukul 23.45 dengan perjalanan selama 10 jam. Harga tiket di kisaran 10 – 12 USD.

3. Kambodia (Day 5 – 7)

  Berikut tips itinerary selama di Phnom Penh:

  • Jika menggunakan bus pukul 23.45 tengah malam dari Saigon seperti saya, bus akan melewati perbatasan pukul 06.00 ketika border antar negara dibuka. Bus akan stop di pemberhentian river side, daerah turis di kota Phnom Penh sekitar pukul 09.00 pagi hari.
  • Segera belilah bus untuk menuju Siem Reap, kota tempat Angkor Wat Complex berada. Bus tersedia cukup banyak. Ambilah bus yang berangkat pukul 18.00 keatas. Perjalanan akan menempuh waktu 6-7 jam. Tips Saya, bandingkanlah harga bus ke Siem Reap di beberapa agen perjalanan. Agen yang bagus belum tentu memberi harga lebih mahal. Saat itu kisaran harga bus untuk ke Siem Reap sekitar 7 USD.
  • Untuk spending waktu selama 9 jam di Phnom Penh, banyak yang bisa dikunjungi. Beberapa tuktuk mau disewa dengan harga 6-8 USD untuk berputar seharian di kota Phnom Penh. Killing Field Area dapat dicapai dengan sewa tuktuk. Russian Market/Central Market juga menjadi tempat terlengkap untuk membeli oleh-oleh murah di PhnomPenh. Selain itu kita dapat berjalan kaki ke beberapa kuil di sebelah kanan kita (jika menghadap ke sungai) kalau kita terlalu ‘irit’ untuk menyewa sebuah tuktuk.
  • Bus ke Siem Reap akan sampai di tujuan sekitar pukul 01.00 -03.00 dini hari

Berikut tips itinerary selama di Siem Reap:

  • Kenapa saya menganjurkan bus ke Siem Reap pukul 18.00 keatas? Karena kita akan memperoleh waktu maksimal untuk berjalan ke Phnom Penh yang hanya membutuhkan waktu satu hari saja, tidak lebih. Selain itu, ketibaan di Siem Reap akan sekitar pukul 1 – 3 dini hari dimana tidak menunggu terlalu lama jika ingin menikmati sunrise di Angkor Wat.
  • Sewalah tuktuk perhari dengan harga 15 USD untuk maximal 4 orang. Jika sendiri, sewalah sepeda dengan harga 2-3 USD untuk pergi berkeliling komplek Angkor. Lupakan jalan kaki mengelilingi komplek Angkor karena itu berarti berjalan mengelilingi kota Yogyakarta.
  • Pukul 14.00 adalah saat yang tepat untuk pulang dari komplek Angkor jika mengunjunginya sejak pukul 04.00 pagi.Harga tiket masuk untuk 1x entry (1 day visit) adalah sebesar 20 USD.
  • Booking hotel untuk dua hari akan lebih bagus sejak awal kedatangan dini hari di Siem Reap sehingga dapat meletakkan tas di kamar. Jika tidak mau membooking 2 hari, titipkan tas di resepsionis hotel tempat kita akan stay semalam setelah mengunjungi Angkor Wat. Jangan khawatir karena harga hotel di Siem Reap mulai 2 USD per malamnya.
  • Pub Street, Night market atau sekedar mencoba Khmer Massage dapat dilakukan setelah beristirahat tidur siang mulai pukul 14.00 – 17.00. Keramaian Siem Reap akan mencapai puncaknya di malam hari karena panasnya udara siang hari.
  • Terdapat bus ke Bangkok Pukul 2.30 dini hari. Harga bus berkisar 11 – 14 USD. Pemilihan jam pada pukul 02.30 dini hari sangat tepat karena akan meminimalisir wasting time. Untuk pemilihan jam itu, akan sampai ke Bangkok pada pukul 12. 00 siang, waktu yang tepat untuk check in hotel.
  • Bus ke Bangkok hanya akan sampai ke Aranyapratheet. Kita akan dipindah menggunakan bus kecil (mikro)

4. Thailand (Day 8 – 12)

Berikut tips itinerary selama di Bangkok:

  • Bus dari Siem Reap ke Bangkok akan berhenti di Khao San Road, surga para backpacker di Bangkok. Banyak hotel di Khao San mulai dari harga 250 THB per malam.
  • Tips: Jangan lupa kunjungi night market di dekat Khao San. Barang second dan barang murah banyak dijual disana.
  • Hari kedua di Bangkok adalah saat yang tepat untuk menuju ke Ayutthaya dengan kereta pagi (1 jam perjalanan), atau Pattaya dengan bus paling pagi (90 menit perjalanan). Berusahalah untuk pulang ke Bangkok lagi kecuali menginap di Ayutthaya/Pattaya.
  • Malam kedua di Bangkok dapat mengunjungi redlight distrik di Silom (sama sekali tidak disarankan kecuali terbiasa melihat bokep).
  • Hari ketiga di Bangkok dapat diisi dengan pergi ke Pratunam/Cathucak/Mal of Bangkok. Banyak souvenir dan oleh-oleh dijual disana.

Berikut tips itinerary selama di Phuket:

  • Pukul 18.00 sore hari adalah waktu keberangkatan bus dari Bangkok ke Phuket. Usahakan mencari bus yang langsung tidak ditransfer via Shurattani walaupun harganya lebih mahal. Bus ke Phuket mulai THB 475 hingga 990 THB tergantung kelasnya.
  • Pukul 06.00 adalah perkiraan waktu sampai di Phuket pada hari ke empat. Perjalanan akan memakan waktu 12 jam dengan bus supernyaman double decker.
  • Tips: bus akan berhenti di sebuah kota kecil sebelum masuk ke Phuket town, tolak tawaran mereka untuk membawa penumpang langsung dengan mini van. Bus akan masuk terminal antar kota. Jarak terminal antar kota dengan terminal domestik dekat. Hanya berjalan kaki sekitar 1500 meter dan dapat ditemukan terminal dalam kota Phuket. Bus ke Phuket town ke pusat keramaian Patong akan dikenai biaya 40 THB.
  • Bagage dapat dititipkan ke hotel tempat kita akan check in di pukul 12 siang sementara kita dapat mengambil tur ke Phiphi Island.
  • Jika tidak ke Phiphi Island (biaya one day tour adalah 1000 THB lengkap dengan akomodasi dan makan siang) dapat menghabiskan waktu siang hingga malam hari di Patong beach. Menyewa motor dapat menjadi alternatif untuk menjelajah hingga jauh ke pantai-pantai di seluruh wilayah Phuket Island dengan biaya sewa sebesar 200 THB per harinya dengan jaminan passport. Pantai yang rekomended adalah Karon dan Kata Beach. Untuk alternatif, jangan lupa ke patung Big Budha di Phuket Town. Biaya masuknya gratis.
  • Dua hari satu malam mungkin cukup untuk beberapa orang. Pada hari kelima di Thailand, atau hari kedua di Phuket ada alternatif bus dari Phuket Town ke Hatyai dengan biaya sekitar 350 THB. Phuket Town ke Hatyai akan memakan waktu 7 jam.

Berikut tips itinerary selama di Hatyai:

  • Pukul 04.00 pagi adalah waktu kedatangan bus di terminal Hatyai. Terdapat dua alternatif melanjutkan perjalanan: 1. Jika langsung ingin meninggalkan Hatyai, akan ada kereta dari Hatyai ke Butterworth (Penang) pukul 07.30 pagi. 2. Jika ingin berkeliling di Hatyai, ada beberapa alternatif bus dari Hatyai ke Butterworth (pukul 10.00, 11.00 dan 17.00) atau Hatyai langsung ke KL.
  • Jika ingin extend di daerah Hatyai, alternatifnya adalah ke Shongkla. Hanya sekitar 30 menit perjalanan dari Hatyai. Hatyai adalah kota perdagangan dengan biaya hidup murah dan harga barang murah

5. Malaysia (Day 13-Day 14)

    Berikut tips itinerary selama di Butterworth:

  • Stasiun kereta terhubung dengan terminal antar kota dari Butterworth. Hanya berjalan kaki menyusuri skywalk, akan sampai pada terminal bus.
  • Terdapat bus hop in hop off dari Butterworth ke Pulau Pinang. Siapkan uang pas karena tidak ada kembaliannya. Pulau penang dapat dikunjungi sehari atau bermalam disana satu malam.
  • Bus ke Kuala Lumpur ada hampir setiap jam. Perjalanan dengan bus express akan memakan waktu sekitar 5 jam dengan tiket seharga 40 Ringgit Malaysia.

    Berikut tips itinerary selama di Kuala Lumpur:

  • Bus akan sampai di Kuala Lumpur pukul 18.00 jika dari Butterworth pukul 13.00 siang. Kita akan diturunkan langsung di terminal Pudu Raya. Dari Pudu Raya akan ada beberapa rute bus langsung ke bukit bintang, petronas dan dengan berjalan kaki akan sampai di Petaling Street, pusat belanja di Kuala Lumpur.
  • Banyak hotel di dekat Terminal bus Pudu Raya mulai dengan harga 15 Ringgit permalamnya. Jika penerbangan pagi, maka sebaiknya menggunakan bus langsung Pudu Raya – LCCT/KLIA dengan jadwal terakhir pukul 11.00 malam (tiket 12 Ringgit), namun jika penerbangan sore hari pada hari berikutnya, akan lebih baik menghabiskan waktu di petaling street menginap disana.
  • Star Shuttle bus dari Pudu Raya (bus akan dijumpai di depan MyDin seberang Pudu Raya) ke LCCT/KLIA akan menempuh perjalanan sekitar 1 jam 45 menit.

Pada waktu saya melakukan perjalanan dari Saigon ke Kuala Lumpur selama dua minggu, waktu itu saya menghabiskan total uang sekitar 3,6 juta dan belum termasuk tiket pesawat PP dari Jakarta ke Saigon dan Kuala Lumpur ke Solo. Nah, sangat layak kan?

Advertisements

72 responses to “Jelajah Darat Menelusuri Indochina (Backpacker Style)

  1. Bung zavitto,

    Dalam waktu dekat ini saya mau overland
    melalui HCMC-Kamboja-Thailand.
    untuk menghemat waktu Overland, rencananya saya akan menggunakan night bus

    Boleh di share info nya?
    – Bis Saigon > Phnom Penh
    – Bis Phnom Penh > Siem reap
    – Bis Siem Reap > Bangkok
    Untuk nama bis nya?, beli tiketnya dimana?, bisa beli online ga? & harga nya berapa?

    terima kasih
    Inth

    • 1. Untuk bus HCMC – Kamboja ada satu operator bus yang melayani night bus. Waktu keberangkatan adalah jam 23.45, melewati border pukul 6 pagi dan sampai di Phnum Penh sekitar jam 9 pagi Untuk membeli tiket bus itu setahu saya tidak ada yang online. Tapi kisanak dapat membelinya di sepanjang Pham Ngu Lhao street. Banyak yang menyediakan disana. Tinggal sebutin aja waktu keberangkatan yang dimaui. Waktu itu harganya kalo gak 10-11 USD. Bus akan stop di Riverside, di area turis di Phnum Penh.

      2. Untuk Bus ke Siem Reap, banyak tersedia di Riverside juga.Bahkan kita akan diturunkan di depan loket bus yang ke arah Siem Reap, Bangkok, HCMC atau kota lainnya di tiga negara itu. Bus Phnum Penh – Siem Reap ada beberapa pilihan waktu. Bahkan cukup banyak juga yang berangkatnya malam hari. Waktu itu mereka nawarkan dengan harga variatif tergantung agen, antara 7-9 USD untuk 7 jam perjalanan. Bus akan berhenti di Night Market Siem Reap. Itu daerah turis disana.

      3. Bus Siem Reap – Bangkok ada yang tersedia jam 2.30 pagi. Bus akan lewat perbatasan jam 6 pagi. Di perbatasan ini akan agak lama soalnya antri. di sisi Thailand, kita akan dijemput mikro bus dan perjalanan masih sekitar 5 jam. Jadi sampai bangkok akan sekitar pukul 12 siang. Waktu itu mereka menawarkan tiket 14 USD. dan saya beli di area old market di salah satu agen. Ngga semua agen nyediain itu. tapi coba tanya saja satu-satu. ngga banyak kok.

      Untuk nama busnya saya ngga hafal semua, tapi cukup gampang ditemukan by agent, bukan by providernya di kota-kota itu. Selamat liburan

  2. halo, salam kenal.
    Bermanfaat banget nih blognya.
    aku ma nanya nih, kalo dari hatyai itu harus berenti di butterworth? atau bisa langsung ke puduraya? maaf masih agak bingung 😉

    • salam kenal juga ya…
      trimakasih kalo bisa membantu, soalnya mmg dulu pas mo berangkat bingung mo ngatur itinerarynya dan ga ada blog yg ngulas lengkap soal itu.
      kalo dari hatyai, ada bus langsung ke puduraya juga kok. setahuku dulu berangkat pagi jam 10-11an sampe puduraya jam 8an malem.

    • melihat berapa banyak penumpangnya saja, kemarin so far aman-aman saja sih. siang atau malam mgkn sama saja secara kita bakal lewat daerah rawa2 sepi yang panjang gitu

    • hehe, iya ini, banyak yg trnyata punya itinerary kebalikan dari ini…hehehe. tp kyknya ya hampir2 sama kok, bus antar kota nya banyak tersedia dimana2

  3. Mas, mau nanya yang tentang bus Phnom Penh-Siem Reap itu. Situ pakai bus malam kan ya… Setelah turun dari bus, transportasi ke penginapannya bagaimana, mengingat waktu itu kan masih dini hari?

    Mengenai kondisi perjalanan dengan bus malam, bagaimana ya? Tolong dishare pengalamannya kemarin. Saya baca-baca di TripAdvisor katanya tidak disarankan untuk naik bus malam di Kamboja.

    Terima kasih mas. 🙂

    • Bus nnti berhenti di pusat keramaiannya siem reap.siem reap itu saking kecilnya kemana2 bakal tempuhable jalan kaki. Kalo booking penginapan saya sarankan di daerah old market ato night market.sampai malam biasanya ttp ramai disana

    • Sebenernya hampir sama harganya. Kalo saya lebih suka naik bus ganti-ganti karena bisa mampir ke kota kota di selatan Thailand dan juga ke Butterworth atau Sungai Patani

  4. mas, tanya… rencanaku kan mo ke kamboja dgn rutenya: jkt-Sin by plane; Sin-KL-Hat Yai by sleeper train (gak mau ke bangkok); trus rencana hatyai-phnom penh by bus. nah yg blum dapat info bis dr hatyai menuju phnompen. ada masukan gak mas? trims ya…

    • setau saya busnya ga ada yg langsung, dr hatyai bisa ke aranyaprathet..ke border. dan itu bakal jadi perjalanan yang panjang sekitar 20 jam. usulan saya sebaiknya ganti bus dr hatyai ke bangkok dan langsung ganti bus mikro ke aranyaprathet karena rute ke arah kamboja juga sepertinya jalurnya lewat bangkok. saya dulu bus phnum penh sampe bangkok sekitar 15 jam sendiri soalnya…

    • iya, lumayan murah juga habisnya, tp di beberapa trip saya selanjutnya, udah dpt trik-triknya bisa ditekan lebih rendah lagi tanpa kehilangan keasyikannya lho mas

  5. Mas, saya ada rencana dari HCM ke Siem Reap. Apa ada yah bus malam yang langsung..?
    Soalnya belom nemu bus yg direct..

    Adanya yang berangkat pagi dr HCM, and menurut saya wasting time 1 hari di jalan…

    • waktu disana, saya pernah nanya travel agennya, jawaban mereka memang pernah ada tapi saat itu sudah ngga ada lagi karena tidak banyak peminatnya…

      bus dari Phnum penh ke siem reap cukup sering kok jamnya. 7 USD harga tiketnya

  6. Infony mantap mas. Lengkap. Kebetulan saya bln sept mau overland jg dr vietnam. Tp gak pakai phuket. Phuketny diganti krabi. Dulu wktu jln bawany uang dollar aja y mas

    • cukup mudah menemukan money changer kok di setiap tempat di perbatasan. untuk amannya saya dulu membawa sejumlah uang lokal. tetapi ternyata mudah nemuin moneychanger di perbatasan. kecuali di perbatasan thailand malaysia karena saya naik kereta dan turunnya terminal bus, jadi saya tidak melihat moneychanger.

  7. Bung Zavitto,
    Mau nanya nih, dalam waktu deket saya mau backpacker dari KL-Penang-Bangkok. Untuk lebih hematnya ,lebih bagus via bus atau kereta. Mohon pencerahannya, Terima Kasih.

    • untuk KL Penang sebaiknya menggunakan bus cepat. sekitar 6 jam. Kalo kereta bakal lebih lama.

      dari penang sebaiknya naik kereta ke hatyai dari butterworth station karena tidak perlu ganti bus. tapi kalo suka berpetualang, bisa naik bus dan ganti di perbatasan karena lebih cepat. bus langsung penang hatyai harganya agak mahal.

      untuk hatyai sampai bangkok strongly recommend untuk naik bus. kereta di thailand kayak keong jalannya. lama banget

      • Dear Zavitto,
        Kalo naik bus dr KL ke Penang pemberhentian terakhir di Butterworth ya bro? trus dari Butterworth naik bus ke Hatyai. Kalau dr Hatyai ke Bangkok ,ada bus langsung gak bro? sorry pertanyaannya agak banyak, terima kasih atas atensinya.

      • dear radja
        1. iya, di terminal butterworth, dan nanti naik lanjutan bus dalam kota yg KLRapid itu. saya lupa nomor busnya
        2. bus butterworth ke hatyai ada dua pilihan, yg lewat jalan tol dan yg lewat jalan biasa, harganya beda, nanti turun terminal hatyai
        3. bus hatyai ke bangkok juga ada, banyak malah, bisa milih..agak jauh sekitar 16 jam kalo ngga salah.

        selamat liburan

  8. Dear mas Zavitto salam kenal,
    saya juga berencana berangkat ke 5 negara dengan ittenerary yang sama, namun hanya dalam waktu 7 hari pada bulan november. saya mau tanya jika naik bus malam apakah aman untuk perempuan, karena saya berangkat hanya berdua saja dengan teman perempuan juga. oh ya boleh kah saya contact langsung dengan mas via email? thx in advance

    Salam Leli

  9. Dear mas Zavitto,,

    Salam kenal saya Leli,
    Dalam waktu dekat ini (bulan November) saya akan berangkat dengan negara tujuan yang sama namun hanya dalam waktu 7 hari. saya ingin bertanya apakah aman jalan darat menuju satu negara ke negara lainnya pada malam hari bagi perempuan? oh ya saya pergi hanya berdua dengan teman perempuan juga.
    Terima kasih banyak atas atensinya mas.

    • Salam kenal mba Leli. Wah, kalau perjalanan dari HCMC ke Kuala Lumpur 7 hari nanti agak terlalu terburu buru itu. Pada dasarnya aman untuk bepergian di Indochina, saya hanya concern keamanan di Kamboja, terutama di Phnom Penh terutama ketika turun dari bus.

      Untuk di Phnum Penh, hati hati copet ketika berjubel turun dari bus di terminal bus antar negara. Sebaiknya segera menghindari kerumunan dan pergi menjauh. Kalau mau pesan tiket bus selanjutnya
      (Phnum Penh – Bangkok) dapat dilakukan tanpa membawa tas, atau di travel agen yang banyak di daerah riverview.

  10. infonya lengkap banget. saya mau minta saran nih kak, sekarang AA lagi ga buka rute jakarta – ho chi minh sehingga saya rencana mau ‘ngeteng’ dr jkt ke KL, trus lanjut KL-SGN pake AA juga. kira2 waktu pas nya dari 1 flight ke flight selanjutnya enak berapa lama ya? mengingat berapa kali k sg juga delaynya lumayan parah. makasi kak salam kenal 🙂

    • kalo untuk jakarta – KL kan banyak pilihannya mbak. begitupun KL – Saigon. saya pikir memang perlu diberi jarak waktu minimal 4 jam untuk masing2 penerbangan mengingat KLIA 2 skrg jalan kaki dr entrance gate sampai ke boarding gate jauh. usahakan tidak terlalu malam sampai ke saigon

  11. permisiii mas saya mau tanya,kalo dr ho chi min ke KL 10 hari mepet ga ya?hari pertama sampai ke ho chi min sktr pukul 9 malam dan pulang ke indonesia lagi pukul 8 pagi. ada yg diskip seperti ke siem riep, pls advicenya ya mas. thanks

    • tergantung style mbak juga sih, kalo untuk saya yg bukan flashpacker, kalo terlalu terburu2 malah ga bisa menikmati. mungkin kalo dua kota siem reap dan phuket di skip, akan oke lah, untuk masing2 kota (hochiminh, phnum penh, bangkok dan KL) stay dua hari dan beberapa kota transit seperti hatyai dan dan penang sehari, jadi pas…

  12. Gan,boleh saya tau detail pengeluaran perjalanan agan dari saigon ke kuala lumpur..? By e-mail..
    Krna saya juga akan melakukan trip yg sama..dan detail agan sebagai referensi pribadi saya.. Thank’s

  13. gan kalau dari bangkok ( area khaosan road ) untuk kembali ke malaysia ( kuala lumpur ) via darat direction nya kayak gmn gan ? by bus or kereta api ??
    thank’s gan…

    • di khaosan akan banyak yg nawarin bus, terutama ke phuket dan hatyai, untuk bus langsung ke KL kok saya ndak ngliat ya. mungkin terlalu jauh

    • kalo dari khao san road menuju ke Kuala Lumpur saya naik kereta api dari stasiun hua lamphong menuju butterworth penang, selanjutnya dari Butterworth naik bus langsung ke KL.

  14. Kalo buat cewek travel sendirian dengan itinerary yg sama, bahaya gak ? Insha Allah akan ikut jejak kamu bulan september nanti dan sendirian 😊

      • Dear Zavito,
        Mau nanya dong mas, tahun 2016 ada rencana indocina trip. Saya ada ambil tiga hari di Vietnam. Brkt pagi dr Kl ke ho chi minh dan di hari ke tiga kita check out ke Bang Kok. 3 hari 2malam cukup ya mas waktunya.backpacker hostel yg recommended dimana ya mas.aman dan harga terjangkau di ho chi minh. Dan juga di phnom penh.
        Makasih mas zavito.

      • kalo untuk hcmc sih banyak hotel terjangkau di bui vien atau pam nghu lao. kalo phnum penh lbh rekomendasi di riverview di sekitaran old town. harganya sekitar 8 – 12 usd saja per malam.

    • Gmn mbak backpacker an ke HCMC saya oktober ini mau trip kesana. Apakah ada yg mau traveling jg bln October ini biar ada tmn

  15. Mas mau nanya, untk masalah koneksi internet gmn? Mas pake apa? Dan utk ngecharge hape adapter nya beda ya mas? Terimakasih infonya. Salam, Abbas

    • untuk china seingat saya, saya tidak perlu adapter mas. Nah, khas saya, kalau jalan jarang beli simcard, biar nanti bisa lebih menikmati pemandangan sekitar. Wifi kebanyakan yang saya temui kurang bagus disana

      • Terimakasih mas ku infonya sgt bermanfaat. Sy mau nanya 1 lg nih mas hehe maaf ngerepotin, sy baca2 artikel tmn2 yg lain katanya setelah tiba di vietnam pihak imigrasi akan menanyakan tiket keluar dari vietnam ya?? Jd takut soalnya sy juga plan seperti mas, mau overland.. Mohon direspon, terimakasih mas. Salam, Abbas

  16. Salam kenal, saya Emma dari Medan.
    12 Maret – 18 Maret 2016 nnt saya rencana mau ke Hat Yai – Phuket dan Krabi, tiket saya pp Medan – Penang.
    Yang mau saya tanyakan brp lama perjalanan Penang ke Hatyai, Hatyai ke Krabi, Krabi ke Phuket (atau mana yg lebih sejalan phuket dulu baru Krabi) dengan darat boleh bus atau kereta.
    Pls rekomen :
    Tempat apa saja yg menarik di HatYai, Phuket dan Krabi ?
    Hotel2 yg bagus dengan harga sekitar 300-500rb permalam
    Mohon penjelasan nya.
    Terima kasih

    • untuk durasi perjalanan sudah saya sebutkan diatas, mohon dibaca lagi ya. Tempat menarik di hatyai saya pikir tidak ada, tp ada alternatif ke shongkla yang ada kuil kuilnya. menurut saya bus lebih cepat daripada keretanya agar efektif waktunya. untuk hotel, saya tentunya tidak bisa memberi rekomendasi tanpa mencoba, mbak emma dapat memilih berdasarkan review pelancong di situs seperti agoda, hostelworld, atau hostels dot com.

      • Sore, maaf mau tanya..
        Kalau jalur darat dari hcm ke pattaya apakah ada yg langsung (tanpa perlu ke phnom dan siem)?
        Tks

      • wah, itu akan melelahkan sekali. Jalur daratnya hanya ada via Phnompenh karena itu jalan lintas utamanya. untuk langsung ke pattaya, saya yakin itu tidak ada karena melintasi satu negara

  17. Hi Zav saya Nita, mau tanya ya ada ga bus yang langsung pnom penh, karena saya dari HCMC tgl 4 Mei naik bis yang ke pnompen . bus Giant jam 13.00. nah saya ga mau langsung cari bis PnomPenh ke Bangkok. ada ga ya? kalau ke kota HCMC. mau kunjungi Post Office, War museum, Chatedra, Ben Than Market dan Gedung yang didepannya ada patung Uncle Ho. itu bisa pake motor ya 1 hari? itu di daerah District 1 semua kah? terima kasih yaaa

    • bus phnompenh ke bangkok ada mbak yg langsung. Dari riverside itu busnya jam 7 malem, sampe bangkok jam 11-12 siang.

      untuk obyek yg disebutkan itu, jalan kaki juga bisa seharian kok. kalau naik motor lebih enak jg tp itu cm deket bgt sih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s