Tujuh Tipe Teman Nge-Trip

Dengan makin seringnya berganti pasangan ngetrip bukannya akan kena penyakit menular tapi bakal memperkaya khasanah pengetahuan kita tentang watak orang pas jauh dari rumah. Biasanya watak asli mereka muncul apalagi pas harus ngadepin kesulitan yang ada atau pas badan mulai berasa capek..
Nah, beberapa kali berganti pasangan selama ngetrip ngetrip jagoan gini, gw udah mulai bisa masuk dalam tahap kesimpulan watak watak orang yang sebenernya semuanya baik, tapi ada juga yang bisa bikin orang nelen ludah karena ke’rewel’annya.
Menurut gw nih, ada seenggaknya tujuh tipe traveler yang udah gw temui selama beberapa kali jalan sama banyak orang.. Ini dia nih:

1. Alien

Tau alien kan? Makhluk ini selalu bikin curious karena sifatnya misterius. Oke, dia memang duduk sebelahan sama elu menurut tiket yang elu beli barengan sama dia, kenal ma elu lewat jejaring sosial kemasyarakatan, sekamar ma elu berhari-hari, tapi bahkan elu kaga tau dia orang mana, siapa nama bibi dan pamannya. Kadang dia menghilang di perempatan pas kalian sibuk foto sendiri dan ketemu lagi di hotel sambil bawa bungkusan bejibun (mungkin oleh-oleh, mungkin juga potongan tubuh penjual souvenir yang dia bunuh pada saat tawar menawar barang). Orang macam gini jarang berantakin kamar kalian kalo pas nginep di tempat jauh dari rumah, dia selalu belum tidur pas kalian belum tidur, dan udah bangun sebelum kalian bangun. Positifnya, kalian bisa bebas ga usah tergantung sama mood si alien itu karena dia biasanya ga terlalu merepotkan, negatifnya, bagi elu2 yang suka curhat sepanjang perjalanan, elu mungkin cuma bakal dapet jawaban berupa tatapan mata alien yang bulet dan dingin itu….

2. Easymelty

Nah, orang kek begini nih repot bener kalo lu lagi di posisi yang gak jomblo. Gak cuma dia bakal meringis-ringis (sambil nangis terharu) ngeliat menara eiffel yang romantis, dia bisa juga folinlop sama elu. Semua kisah perjalanannya bakal jadi puisi yang panjang di halaman blognya warna pink (buat cewe) atao warna biru (kalo dia cowo). Orang begini agak lamban kalo diajakin jalan karena dia bakal lama mengabadikan momen di tiap tempat (dan mungkin banget pake acara nangis dulu tiap 5 kilometer kalian jalan). Kalo kalian cuma pergi berdua hindari bawa dia ke tempat romantis. Gantung foto pacar kalian di dada yang ukurannya cukup mudah diliat ma dia. Positifnya, dia tau betul tempat-tempat romantis dan bisa dapet spot foto yang bakal elu kenang spanjang masa…

3. Gadging Along Way

Yang satu ini pasti kalian pernah ngalamin? Diajak pergi jauhhh banget dari rumah, yang dicari pertama kali malah wifi, colokan dan kartu perdana buat BBMan. Hobbynya ngendon di kamar hotel atau nyuruh kalian jalan sendiri n dia prefer nunggu nyetarbucks di pusat kota. Kemungkinan dia bakal kena bentak sopir tuktuk beberapa kali karena nyebrang sambil liat layar hapenya yg penuh kata cinta dari pacarnya yg ketinggalan di indonesia. Positifnya, kalo kalian berhasil ngajakin pergi ke obyek wisata, dia biasanya punya foto terkomplit yang kalo sampe di rumah tinggal todong aja buat ngopy semua ke flashdisk kalian.

4. Goody Bag

Ready beli bagasi maksimal di pesawat pulang, Seharian bisa di pasar entah mall atau pasar tradisional. Pulang ke hotel wajahnya sumringah kalo ada sale, tapi bisa jutek berhari hari kalo ga ketemu diskonan kemoceng bermanik-manik yang menurut dia so exotic. Apapun bakal dibelinya, termasuk bakpao warna ungu yang menurutnya kliatan enak. Positifnya, orang macem begini selalu bawa persediaan uang banyak karena slogan hidupnya yang: “Ada uang, mari kita perang”. jadi, bisa buat ATM berjalan selama kalian jalan.

5. Oportunis

Pernah nggak, ada satu orang yang selalu menggantungkan nyawanya ke kalian pas pergi ngetrip? Dia selalu bilang itu bagus, itu enak, tapi nggak pernah beli. Giliran kalian beli, dia minta separo sendiri tanpa mau ngeluarin uang. Pura-puranya minta ditalangin, tapi abis itu lupa ngembaliin. Dia selalu berdiri di paling belakang di pintu masuk obyek, ngeliat berapa harga tiket masuknya, kalau murah dia masuk, kalo mahal dia pasang tampang prihatin dengan harapan ada yang mau bayarin. Positifnya, kalian berhak ninggalin dia kapan aja..hahahahaha

6. Ningrat

Pas kalian ke India, dia kaget ngeliat di depan hotelnya ada Sapi lagi makan dengan rakusnya dan memutuskan ga mau masuk hotel takut ada penyakit sapi gila, Trus, dia juga berkeluh kesah sepanjang jalan pas kalian pulang kemaleman kehabisan bus dan ga ada taksi yang nyamperin. Bawaannya mungkin backpack, tapi ada rodanya dibawahnya dengan alasan biar punggungnya ga kena penyakit osteoporosis. Dia bakal nyungir-nyungir pas kalian masuk ke warung murah di pinggir jalan. Nah, positifnya, kalian bakal diajak nginep novotel kalau hotel yang kalian pilih jelek, dibayarin!!

7. Dora the Explorer

Jangan kaget kalo tiba-tiba temen ngetrip kalian udah ngeluarin segepok itinerary yang komplid dan nawarin perjalanan yang susah dicerna. Orang tipe stand alone ini biasanya ga bergantung sama sekali dengan orang lain. Dia tiba-tiba bilang mau misah dan punya rute sendiri (yang kadang ga mempersilakan orang lain buat ngikut). Positifnya, kalian bisa duduk manis ngikutin perjalanan dia, kalo ternyata dia prefer mo sendirian, positifnya kalian bisa ngetrip sendirian minta copy itinerary dia…
naaah…kalian yang mana?
Advertisements

12 responses to “Tujuh Tipe Teman Nge-Trip

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s