Clear Trip – Clearest Way to Go

Iqbal, yang disana berganti nama menjadi Iqbal Khan di dalam kereta kelas non-brahmana

Berperjalanan ke India memerlukan sedikit seni dan banyak kesabaran yang jika dilalui akan membuahkan hasil kelancaran selama berada disana. Berkunjung ke India juga tidak lengkap jika hanya mengunjungi segitiga emas para pelancong: Delhi – Agra – Jaipur. Banyak kota lain yang mempunyai ciri khas berbeda yang wajib dikunjungi.
Mulai dari Calcutta/Kolkata dengan hiruk pikuk dan daerah yang tidak tertata, Darjeeling yang beku di kaki gunung Everest di pinggiran Nepal dengan penduduk bermata sipit dan berkulit putih, Shimla dan Kashmir jika ingin berkenalan dengan penduduknya yang berparas rupawan, Delhi dengan subwaynya yang modern dan arsitektur Inggris yang megah, Jaipur, Pushkar, Ajmer dan Udaipur di Rajashtan bagi yang menginginkan keeksotisan bangunan khas Mughal yang berjaya berabad-abad yang lalu, Mumbai bagi yang menginginkan hiruk pikuk kota modern dengan Bollywoodnya yang terkenal seantero jagad, Chennai, kota modern bagi penduduk Tamil dengan ciri khas Hindu yang lebih kental, Kerala yang akan menghanguskan kulit, hingga Varanasi, kota dengan sejarah jauh lebih tua dari bangsa manapun di Asia Selatan – akan sangat layak dikunjungi berdasarkan jenis petualangan yang diinginkan oleh masing-masing pelancong.
Stasiun transit yang sepi dan damai :p
Dari semua kota disebutkan diatas, mulai dari kehidupan di utara yang berada di kaki langit dengan hawa yang membekukan tulang hingga selatan dimana matahari bersinar dengan kejamnya telah terhubung dengan jaringan rel kereta api. India mempunyai jaringan perkeretaapian terbesar ketiga di dunia setelah Cina dan Rusia dengan pekerja mencapai 1,5 juta orang. Oleh sebab itu, lupakan pesawat antar kota yang relatif mahal itu dan gunakan kereta antar kota yang sangat terjangkau, dan, yang paling penting, bagi saya itu merupakan pengalaman yang tidak terlupakan. Inilah cara terbaik untuk melihat dengan jelas wajah India dibandingkan dengan pesawat terbang. Dengan kereta, kita juga memperoleh gratis sightseeing tour di kota kota yang disinggahi oleh kereta.

Delapan Kelas Kereta di India

India mempunyai delapan kelas kereta yang tidak selalu tersedia dalam suatu rangkaian kereta tertentu. Mereka mempunyai kelas Eksekutif, AC Tier 1, Tier 2, Tier 3 dengan angka satu hingga tiga merujuk pada jumlah tempat tidur dalam satu kompartemennya. AC Tier satu tempat tidur tunggal tidak bertingkat, AC Tier dua berarti jumlah tingkat tempat tidur ada dua dan AC Tier tiga berarti tempat tidur akan bertingkat tiga.
Selain AC Tier, mereka mempunyai dua sitting class, first class, sleeper class dan general class unreserved dengan harga yang sangat bervariasi. untuk rujukan cara pesan dapat dilihat disini . Harap sabar dan mengikuti caranya.
Setelah kereta terpesan, akan dikirimkan receipt ke email berisi nama penumpang, dan informasi lengkap dari kereta yang dipesan. Selain itu akan ada kode diatas receipt yang terbagi menjadi tiga yaitu:
  1. CNF atau confirmed, penumpang telah memperoleh tempat duduk yang terkonfirmasi diatas rangkaian kereta, berisi nomer tempat duduk dan nomer gerbong
  2. RAC atau reservation against cancellation yang berada di gerbong khusus sleeper class manapun. Satu tempat tidur akan disulap menjadi tempat duduk dimana penumpang tetap diperbolehkan masuk ke rangkaian kereta dan akan dicarikan tempat tidur oleh konduktor kereta.
  3. WL atau waitinglist dimana penumpang masuk ke nomer antrian dan tidak diperbolehkan masuk ke dalam kereta. Penumpang yang memesan melalui situs www.cleartrip.com dapat membatalkan keberangkatan minimal 24 jam sebelumnya dan uang akan dikembalikan.
Untuk kasus kami, salah satu teman kami masih berada di kode WL dan kami ber empat yang lain sudah masuk ke kode RAC dan CNF. Dalam satu receipt, jika salah satu masih WL dan sebagian besar yang lain sudah CNF atau RAC, penumpang WL masih dapat masuk ke dalam kereta walau satu tempat tidur akan dipakai untuk 3 orang.
Pergerakan status WL ke RAC, dan  RAC ke CNF dapat diikuti dengan login account cleartrip. Posisi terakhir dimana kita mendapatkan status RAC, CNF atau WL list dapat dilihat di papan pengumuman di sebelah platform kereta ketika kita sampai di stasiun
List penumpang yang ditempel di sebelah platform dan tiap gerbong kereta
Di kereta cukup nyaman walau tidak berpendingin, siapkan baju hangat yg proper jika berperjalanan di bulan november hingga februari. Penjual makanan lalu lalang dengan harga murah, tapi pastikan kebersihan makanan dan minuman yang dijual. That’s all
Advertisements

3 responses to “Clear Trip – Clearest Way to Go

  1. Bang zavitto.. Mau nanya. CC yg bisa dipake buat booking train di cleartrip apa aja ya. Soalnya pake CC mandi** ngak bisa.. Mohon bantuannya bang. Trim’s

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s