Beijing National Stadium

Summer Olimpiade 2008 yang digelar di Beijing menyisakan beberapa landmark baru yang dibangun dengan arsitektur yang sangat kontemporer. Beijing National Stadium terletak di sebelah utara jantung kota Beijing yang lebih dikenal dengan nama Bird Nest. Dinamakan seperti itu karena bentuk bangunan yang didesain oleh biro arsitek dari Perancis tersebut berbentuk menyerupai sarang burung.

Malam itu saya cepat-cepat menuju ke Beijing Olimpiade Complex setelah dari Wangfujing, local market yang menjual berbagai macam barang terutama pakaian, souvenir dan street food beraneka ragam. Dari Wangfujing saya menaiki Line 1 Metro Subway, kemudian pindah ke Line 10 dan terakhir menggunakan Line khusus subway yang dibangun untuk keperluan olimpiade: Olympic Spur Line.

Saat itu waktu sudah menunjukkan pukul 8.30 sementara komplek olympiade tersebut akan tutup pukul 10 malam. Untung Subway transportation di Beijing dapat diandalkan. Hanya dalam waktu kurang dari 40 menit kamipun sudah sampai di Stasiun Metro Subway di komplek olimpiade Beijing.

Sekitar 100 meter di depan stasiun, kami akhirnya dapat masuk setelah melalui pos pemeriksaan barang dengan scanner dan body scan. Tanpa dipungut biaya, saya akhirnya dapat melihat langsung sekaligus mengabadikan moment ini dengan berfoto di komplek olahraga terbesar di Beijing ini.

Bird Nest National Stadium

Bird Nest National Stadium

With Chris

With Chris

 

Di sebelah Bird Nest persis, saya juga melihat Beijing National Aquatic Center. Satu gedung massive lagi yang dipergunakan untuk olahraga air selama olimpiade. Bangunan ini juga dinamakan Water Cube karena bentuknya yang menyerupai gelembung sabun dengan lebar sisi 178 meter dan tinggi 31 meter.

244

Beijing National Aquatic Center

Uniknya, disini masih dijual souvenir-souvenir olimpiade seperti tiruan medali emas, pajangan kristal berbentuk dua bangunan besar ini, gantungan kunci maskot olimpiade dan lain sebagainya oleh pedagang asongan walau olimpiade sudah berlangsung empat tahun yang lalu. Sekedar tips dari saya, abaikan tawaran harga mereka, dan berjalan terus sampai akhirnya mereka memberikan banyak barang dengan satu harga. Saya mendapatkan banyak gantungan kunci karet dan metal, medali, juga stiker hanya dengan 20 CNY saja, jauh lebih murah dari harga awal yang mereka tawarkan.

 

Advertisements

2 responses to “Beijing National Stadium

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s