Paspor dan Visa

Suatu saat saya pernah ngobrol ngalor ngidul dengan teman di kontak saya mengenai rencana-rencana traveling kami masing masing. Rencananya sungguh wah! Mulai dari melihat keeksotikan Turki, mendaki Gunung Himalaya sampai ke ‘rencana’ dikejar singa di Afrika. Wah, boleh juga nih kemampuan traveling dia. Sampai suatu titik ternyata saya harus kepentok menjelaskan perbedaan visa dan paspor. Duh, saya pikir sudah tau setelah obrolan panjang berjam-jam dengan dia.

Memang beberapa kali saya temui teman yang kurang paham perbedaan antara paspor dan visa. Begitu pula dengan Visa preArrival dan Visa on Arrival yang masih harus dijelaskan panjang dan lebar untuk menghindari adanya kesalahan ketika bepergian. Fatal akibatnya jika terdapat kesalahan mempersepsikan ketentuan visa, atau bahkan mengira visa dan paspor adalah sama.

Paspor

Paspor adalah identitas seseorang yang berlaku dalam skala internasional. Semacam KTP yang berbentuk buku dan wajib dibawa ketika bepergian di luar wilayah negara Indonesia. (Sudah tau lah ya pastinya)

Paspor Republik Indonesia

Paspor Republik Indonesia

Paspor bisa didapatkan di kantor Imigrasi setempat, tidak harus dari daerah asal kita. Jika kita berdomisili di Jakarta dan memegang KTP di luar Jakarta kita hanya perlu membawa syarat-syarat sebagai berikut ke kantor imigrasi di Jakarta:

  1. Kartu Tanda Penduduk
  2. Surat keterangan kerja atau Akte Kelahiran Orang Tua untuk yang belum bekerja
  3. Akte Kelahiran
  4. Ijazah terakhir
  5. Foto 3×4

Biaya pengajuan paspor saat ini adalah Rp. 255.000 rupiah tanpa tambahan biaya apapun. Prosesnya pun cukup mudah. Hanya dengan datang mengisi formulir dan menyerahkan berkas maka akan keluar jadwal untuk wawancara. Satu dua hari setelah wawancara, jika diapprove paspor setebal 48 halaman akan jadi lebih kurang 2-4 hari.

Paspor berlaku selama 5 tahun. Tapi hampir semua negara mempersyaratkan adanya minimal 6 bulan masa berlaku sebelum kadaluarsa. Enam bulan sebelum kadaluarsa, sebaiknya paspor diperpanjang untuk diganti buku yang baru. Setiap masuk dan keluar dari suatu negara paspor akan diberikan stempel di imigrasi sebagai tanda approval kita datang dan meninggalkan wilayah negara tersebut tanpa masalah apapun.

Passports stamps

Passports stamps

Semakin banyaknya stamp yang diperoleh di dalam paspor akan mempermudah kita untuk apply visa, terutama negara-negara yang visanya sulit seperti amerika, schengen (visa eropa), dan kanada.

Visa

Nah, apa itu Visa?

Visa adalah tanda bukti ‘boleh berkunjung’ yang diberikan pada penduduk suatu negara jika memasuki wilayah negara lain yang mempersyaratkan adanya izin masuk. Bisa berbentuk stiker visa yang dapat diapply di kedutaan negara yang akan dikunjungi atau berbentuk stempel pada paspor pada negara tertentu.

Jika pemerintah telah mengadakan perjanjian dengan suatu negara agar penduduk negaranya bebas berkunjung ke suatu negara lain, maka jika kita bepergian ke negara itu, kita tidak memerlukan izin masuk ke negara itu atau dengan kata lain ‘bebas visa’ untuk pemegang paspor Indonesia. Paspor akan diberi stempel di imigrasi saat kita sampai dan kita akan langsung diperbolehkan masuk.

Indonesia mempunyai hubungan diplomatik dengan banyak negara. Negara-negara yang memberikan bebas visa untuk pemegang paspor indonesia meliputi:

  1. Asia Tenggara : Seluruh komunitas ASEAN saat ini memberlakukan bebas visa untuk penduduknya.
  2. Asia Timur : Jepang (mulai Januari 2015), Hongkong dan Macau
  3. Asia Barat dan Selatan : Iran dan Maldives
  4. Amerika : Aruba, Bermuda, Chile, Columbia, Costarica, Cuba, Ecuador, Haiti, Jamaica
  5. Afrika : Morocco, Sheycelles, Mesir
  6. Eropa : Andorra
  7. Oceania : Cook Island, Samoa, Micronesia

Selain dari negara yang disebutkan diatas, pemegang paspor Indonesia harus memiliki visa untuk masuk ke suatu negara.

Walaupun bebas visa, ada kalanya kita harus mencari informasi lebih lanjut. Terkadang terdapat persyaratan tambahan untuk masuk ke suatu negara sekalipun bebas visa:

  1. Mempunyai tiket kepulangan. Sebagai contoh, Filipina mempersyaratkan tiket return untuk dapat menaiki pesawat yang menuju Filipina. Tanpa tiket pulang, maka kita tidak dapat masuk ke dalam pesawat dengan tujuan Filipina.
  2. Mempunyai alamat yang jelas seperti relasi di negara tujuan, atau booking hotel.
  3. Mempunyai visa-visa negara tetangga yang masih berlaku, visa regional seperti schengen, visa residence negara tertentu atau visa Amerika.
  4. Membeli kartu turis seperti yang diberlakukan oleh negara Cuba.

How to Apply Visa?

Visa dikenakan kepada orang yang datang ke suatu negara karena berbagai alasan.

  1. Tidak ada pembicaraan kedua negara untuk saling memberikan fasilitas bebas visa. Hal itu mungkin karena kurang baiknya hubungan diplomatik, jauhnya jarak antara kedua negara sehingga tidak banyak kunjungan masyarakat antar dua negara.
  2. Faktor keamanan. Negara maju seringkali hanya mempersyaratkan bebas visa untuk sesama negara maju. Tingginya angka imigran gelap membuat negara asal imigran gelap bahkan dipersulit untuk membuat visa. Visa juga menjadi screening agar hanya orang-orang terpilih dan mempunyai tujuan baik saja yang dapat masuk ke suatu negara.
  3. Faktor ekonomi: suatu negara dengan banyak obyek wisata namun tidak mampu mengelola pariwisatanya seringkali mempersyaratkan visa untuk mendapatkan tambahan pemasukan negara dari setoran aplikasi visa.

Visa dibagi menjadi dua macam menurut cara applynya: Visa on Arrival dan Visa pre Arrival

1. Visa on Arrival

Dengan makin meningkatnya hubungan dua negara, pemerintah dapat mengadakan perjanjian untuk mempermudah penduduknya saling berkunjung dengan cara memberikan fasilitas visa on arrival. Pemberian fasilitas visa on arrival belum tentu bersifat bilateral. Artinya, jika kita mendapat fasilitas visa on arrival ke suatu negara, belum tentu negara tersebut juga diberi fasilitas visa on arrival oleh pemerintah Indonesia.

Visa on Arrival adalah fasilitas dimana kita dapat memperoleh visa seperti halnya stempel pada paspor yang langsung didapatkan pada saat kita sampai di suatu negara. Bedanya, untuk stempel paspor kita hanya perlu membawa paspor saja, untuk Visa on Arrival kita perlu membawa syarat tambahan dengan melewati tahap wawancara yang kadang singkat, kadang sampai memakan waktu cukup lama. Walaupun nampak mudah, banyak ketentuan yang harus dipersiapkan untuk mendapatkan visa on arrival.

Fasilitas Visa on Arrival hampir seluruhnya diberikan hanya kepada penumpang pesawat antar negara. Jarang sekali ada visa on Arrival diberikan di border darat. Hanya untuk persetujuan negara bertetangga, atau jika border darat ramai maka visa on arrival akan tersedia.

Hal-hal yang umum ditanyakan pada saat wawancara di Imigrasi tujuan untuk mendapatkan Visa on Arrival meliputi hal berikut:

  1. Itinerary. Tips saya adalah memberikan itinerary paling sederhana. Jika ditanya kemana saja tujuan selama di negara ini,  jawab dengan memberi pernyataan akan mengunjungi satu atau dua kota saja yang dekat. Semakin jauh atau banyak kota yang dikunjungi akan berdampak pada banyaknya uang tunai yang harus dibawa.
  2. Jumlah uang tunai. Pelancong akan diminta menunjukkan jumlah uang tunai yang dibawa. Jangan lupa juga terkadang pembayaran Visa on Arrival harus menggunakan uang lokal. Jadi, sebaiknya anda membawa sesuai dengan ketentuan biaya visa.
  3. Booking hotel atau surat penyerta
  4. Foto 2″ x 2″ dengan background putih. Jika tidak membawa foto biasanya akan dikenakan biaya tambahan yang cukup besar.
  5. Tiket pesawat pulang atau booking bus/kereta untuk keluar dari negara itu
  6. Untuk negara tertentu dengan aturan yang kurang jelas, agak beresiko apply visa on arrival. Oknum petugas dapat meminta syarat yang mengada-ada demi mendapatkan uang tambahan agar foreigner diperbolehkan masuk. Jika memungkinkan untuk mendapatkan visa di kedutaan, maka sebaiknya apply visa di perwakilan mereka di Indonesia.

2. Visa pre Arrival

Visa pre Arrival adalah visa yang aplikasinya diajukan di perwakilan kedutaan suatu negara yang berada di negara kita. Selain di Jakarta, kedutaan atau konsulat negara asing juga ada yang berkantor di kota-kota besar seperti di Bandung, Medan, Surabaya, Bali atau Makassar. Jika suatu negara tidak memberikan fasilitas visa on arrival maka kita harus apply visa suatu negara di kedutaan tersebut.

Biaya yang dibebankan untuk visa pre Arrival lain-lain tergantung regulasi yang ditetapkan. Beberapa negara dapat apply visa online, jadi kita tidak perlu datang ke kedutaan. Hal ini membantu sekali jika kita tidak ada waktu atau terkendala jarak untuk datang ke kedutaan.

Syarat umum untuk apply visa pre arrival yang diminta oleh seluruh negara sebagai berikut:

  1. Paspor dengan masa berlaku lebih dari 6 bulan dan mempunyai minimal 1 atau 2 halaman yang masih kosong
  2. Kartu tanda penduduk
  3. Foto tanpa background yang dicetak di kertas foto ukuran 2″ x 2″ atau 4×6

Syarat lain yang sering diminta oleh beberapa negara adalah

  1. Surat keterangan kerja atau surat undangan dari relasi/kantor dari negara yang dituju terutama untuk visa bisnis
  2. Fotokopi buku tabungan atau rekening koran (print out tabungan yang dikeluarkan bank). Besaran tabungan tertera berbeda-beda sesuai dengan tingkat ekonomi negara yang dituju dan biasanya mereka meminta tabungan yang stabil selama 3 bulan terakhir
  3. Fotokopi kartu keluarga dan atau fotokopi akte kelahiran
  4. Bukti pemesanan tiket pulang pergi
  5. Bukti booking hotel untuk tempat tinggal selama disana
  6. itinerary (rincian urutan perjalanan)
  7. Beberapa negara mempersyaratkan adanya wawancara untuk mengetahui maksud kedatangan di negara tersebut.
  8. Surat keterangan bebas HIV, AIDS, Hepatitis atau penyakit endemik lainnya dan surat bebas narkoba.

Untuk beberapa negara, siap-siap akan ada penolakan visa yang kita ajukan jika syarat-syarat tidak dipenuhi atau tidak ada bukti cukup kuat kenapa kita harus diijinkan masuk ke suatu negara. Pencari kerja atau pengangguran terkadang dapat ditolak dalam pengajuan visa-nya. Ketika ditolak, kita dapat mengajukan banding ke kementerian luar negeri untuk bantuan pemerintah dalam mendapatkan visa.

Nah, sudah siap untuk bepergian?

90 responses to “Paspor dan Visa

    • betul sekali mbak vonny. Temen saya yang dari Kalimantan Barat belum lama ini bikin passport di imigrasi Yogyakarta dengan biaya yang sama persis. Untuk bikinnya di imigrasi provinsi terdekat. selamat mencoba!

      • mas, emang harus surat rekomendasi ortu bagi blm kerja tujuannya wisata ke KL kah ?
        surat ijin ortu or surat akta ortu ?

      • sama sekali engga mbak..tp baru2 ini ada syarat baru dari malaysia utk menunjukkan tiket keluar dari malaysia kalo mau pergi kesana…

    • yah, kadang memang gitu. tapi selain untuk screening, visa sebenarnya cuma untuk pemasukan negara saja seperti china dan india..

  1. kalo mau paspor baru, ktp semarang tapi mau buat di jakarta.
    syaratnya apa saja y, kalo saya sudah bekerja. mohon bantuannya ya

  2. mas aku mau tanya .. aku kan PNS rencana cuti tahun ini liburran ke luar negeri , persyaratannya harus ada rekomendasi kantor atau tidak perlu ? soalnya saya sudah 2 kali ke atasan tapi dipersulit surat rekomendasi nya ,, saya baca di web imigrasi itu persyratn bagi yg ingin kerja atau perjalann dinas saja ,, betul gak mas ?

  3. mas, kalo mau dapet visa jepang itu ribet gak ya? soalnya ane pengen homestay alias menetap di jepang..

  4. Hi mau tanya nih, sy uda punya visa us yg msh aktif, dgn visa itu apakah ada negara yg bisa dikunjungi secara free selain us? Thx

    • ada 36 negara yang berpartisipasi dalam visa waiver amerika serikat yaitu Andorra

      Prancis
      Liechtenstein
      San Marino
      Australia
      Jerman
      Lithuania
      Singapura
      Austria
      Yunani
      Luksemburg
      Slowakia
      Belgia
      Hongaria
      Malta
      Slovenia
      Brunei
      Islandia
      Monako
      Korea Selatan
      Republik Ceko
      Irlandia
      Belanda
      Spanyol
      Denmark
      Italia
      Selandia Baru
      Swedia
      Estonia
      Jepang
      Norwegia
      Swiss
      Finlandia
      Latvia
      Portugal
      Britania Raya

  5. Kalau pengangguran tapi uang yang diperlukan cukup, apa bisa pegi keluar negeri ? saya mau mengunjungi teman di vietnam. hanya butuh passport saja ya mas ?

  6. sekalian mas, kalau misalkan sudah sampai di negara yang dituju, katanya vietnam punya waktu bebas tanpa visa hanya 30 hari ? kalau misalkan saya disana 2 bulan tanpa visa (misalnya) apa ketahuan sama negara tersebut & langsung di deport ke indo, apa itu pelanggaran, ada sanski tersendiri ?

    • iya itu pelanggaran dengan sanksi ga ringan. kalo mmg mau gitu biasanya pas mau abis, nyebrang ke kamboja sehari trus balik lagi ke vietnam.

  7. mas. nanya dong, aku selama 5 tahun pake paspor aku di luar negri, dan ga tinggal di satu negara, selalu keluar masuk satu negara ke negara lain, dan akhir 2011 aku balik ke indo, skearang aku mau ke austrlia, pake passpor baru kosong dan karena gegabah, ga ngelampirin tiket, kk, sama bank karena si agennya ga bantu sama sekali, dia bilang kan ada surat sponsor sama laporan keuangan 3 bulan si sponsor jadi ga usah ngelampirin bank aku, eh hasilnya visa aku ditolak karena alasan ga ada bukti aku punya cukup dana ,dan tidakpernah melakukan perjalanan ke luar negri dan ga lampirin return tiket..bisa ngajuin lagi ga sih ? trus kalo paspor lama nunjukin banyak stempel masalah ga ? apa mesti aku pergi keluar indonesia kaya ke malaysia buat dapet stempel ? makasih sebelumnya mas

    • kalo kasus temen saya, dia ngajukan banding dilampiri surat2 yang diminta. kasusnya untuk paspor eropa. dan diterima. paspor lama distraples jadi satu aja mbak, jadi agak tebal tp kalo diliat bisa tau bahwa mba udah lama kesana kemari…dicoba

  8. mas aku mau ke malta. mau ngurus visa schenghen ini pertama kalinya ko kaya ribet amat ya soalnya malta tidak punta kedutaannya di indonesia…

  9. saya Bekerja dhongkong udah 3 thn,,,,,Rencana mau liburan ke bali ,,,,,tpi KTP saya ada Di rumah ,,,,,saya cuman punya passport and visa apakah Boleh saya berkunjung ke bali?sekian terima kasih

    • kalo paspor masih indonesia, bisa masuk indonesia lah mbak..kalo ktp tidak diperlukan untuk perjalanan internasional, sama sekali

  10. Mas , saya kan baru diajak keSingapur dn mau bikin pasport pertengahan juni nanti , niatnya mau nginep 1-2minggu . apa saya perlu visa juga ?

  11. mau nanya ni mas,,,klo misalkan ada agen tki yg memberangkatkan orang k malaysia dg visa turis/pelancong,terus si agen itu bilang klo visa/permit kerja bisa diurus di malaysia sana..apa itu bisa mas,apa itu ilegal/legal??? t’kasih mas..

  12. Mas saya mau ke Aussie sama ayah angkat Saya Orang Aussie . apakah saya hanya butuh Passport saja ??
    Gak pake visa its ok kan ????

  13. mas Zav yang baik, saya berencana ke Australia untuk bekerja full time, apa bisa menggunakan visa Work and Holiday? usia saya saat ini hampir 32th, denger2 ada batasan umur untuk visa itu ya mas? Thanks a bunch!

    • mba linda yang tidak kalah baik,

      sepengetahuan saya, memang ada batasan umur untuk visa work and holiday di australia yaitu 18-30 tahun saat pengajuan visa.
      selain itu, ada surat rekomendasi dari pemerintah untuk bekerja disana dari pemerintah RI.
      Beberapa syarat yang lain seperti TOEFL, Jaminan biaya hidup sebesar AUD 5000 dan juga tidak mempunyai anak dibawah umur yang turut serta kesana.
      Untuk informasi lebih lanjut dapat langsung didapat dari http://www.indonesia.embassy.gov.au/jaktindonesian/Checklist_WHol.html agar tidak ada kesalahan informasi.

      Selamat mencoba

  14. terima kasih mas infonya… punya info ga ya sebaiknya saya apply visa apa karena umurnya udah ga bisa :)

    • paspor 48 untuk keperluan WNI yang akan bepergian ke luar negeri, berlaku 5 tahun. paspor 24 halaman khusus untuk TKI

  15. Bang, saya mau tanya. Kalau mau liburan ke hongkong perlu visa atau nggak? Kalau nggak perlu visa, persyaratan yg lain kecuali paspor apa aja?
    Terimakasih :)

  16. mas sy mo nanyak…
    bulan ini saya rencananya mau pergi training d hotel malaysia selama 6bulan…apa itu butuh visa ?? sy kurang mengerti

    • untuk bekerja? kalo untuk bekerja, bisa langsung ke embassy malaysia dan disana akan ada serangkaian tes untuk mas zamri, wawancara dsb. kalau sudah atas undangan, bisa disertakan undangan dari perusahaan ybs.

  17. Mas maaf mau tanya..
    Saya ad rencana liburan ke kamboja slma 2 minggu. Ktanya kamboja bebas visa. Nah kn brti qt cm bwa pasport aj. Yg sy bingung itu klau qta sdah nympe bndra d kmbja qt ngpain ? Trs bebas visa gk ad syrt msal hrs ad tiket blik k indo gtu ? Atau gmn atuh. Jlsn dong dri kbrngktn d jkrt dn nympe d kmbja. Qt ngpain aj dn hrus ap aj. Aq bingung. Ni bru prtm pnrbngn sndri. Biasanya mmah yf urus. Tlong yaa..
    *jelasin dgn detail
    Terimakasih ^^

    • mudah kok, tinggal tunjukkan paspor saja, langsung boleh masuk. Untuk tiket pulang memang saya pernah beberapa kali menjumpai mereka meminta tiket pulang. so far, negara yang selalu minta tiket pulang adalah myanmar dan filipina. Saya selalu dimintai tiket pulang kalo ke filipina. Tapi kemarin dari macau mau transit ke malaysia juga saya dimintai tiket keluar malaysia. Tidak ada persyaratan khusus.

      Dari pesawat, langsung menuju imigrasi, tunjukkan paspor, di cap, dan langsung bisa menuju pesawat. Di kamboja, begitu turun pesawat, langsung ke imigrasi, dan keluar bandara. Tanpa persyaratan lain. Ngga usah khawatir…

  18. Pak Mau tanya nih, saya akhir bulan ini ingin berwisata ke Malaysia selama 4 hari 3 malam. Itu tidak memerlukan visa kan yah? Apakah ada memerlukan Dokumen2 lain-nya? Baru pertama kali nih melakukan perjalanan ke luar negeri XP

    • tidak perlu dokumen lain apapun untuk kunjungan dibawah 30 hari. tinggal tunjukkan paspor di imigrasi keluar indonesia dan imigrasi masuk ke malaysia, langsung masuk deh

  19. Mas mau nanya nih,kalau keluar masuk singapore Malaysia hanya sebagai tourist susah nggak
    ak pengend ke malaysia tapi hanya dengan tourist visa
    Visa kan hanya kasih 30 hari…trus sbelum hbis ak keluar dulu ke singapore hanya 2 ato 3 hari terus masuk lg ke malysia begitu seterusnya tanpa pulang dulu ke indonesia
    banyak pertanyaan nggak sih pas di imigrasi
    tolong jelasin ya mas, thanks bgt sebelumnya

    • kalo mba kayti pemegang paspor indonesia, cukup menunjukkan paspor. tidak ada visa. yang 30 hari itu adalah lamanya permit tinggal sekali cap masuk di paspor. untuk masuk ke malaysia lagi banyak kasus dimintai tiket keluar dari negara malaysia. tinggal tunjukkan tiket pulang ke indonesia saja mbak.
      untuk masuk ke singapore biasanya dimintai alamat tempat tinggal. perbatasan woodland dan sultan iskandar (border malaysia – singapore) agak kurang ramah buat pemegang paspor indonesia mmg.

  20. wah pengalaman yang luar biasa, jarang2 ada kaya mas ini.
    ngomong2 ribet juga yah,,padahal saya baru mau buat paspor nih mas.
    Terus visa itu bayar lagi ya mas disetiap negara yang kita kunjungi??

    • betul, visa itu buat:
      1. screening warga negara lain yg masuk ke suatu negara karena beberapa hal seperti proteksi keamanan, tingginya imigran gelap dsb
      2. utk penghasilan suatu negara juga

      visa bisa bebas kalau ada persetujuan dua negara yang sama sama percaya bahwa penduduknya berkunjung dengan tujuan yang normal misal liburan dan bisnis, bukan untuk bekerja dsb

  21. Bagaimana klu visa mati krna melebihi target..misal nya visa yg di benar kan 1 bln,tp smpai 1thn kt msh tggl di negara yg kt kunjungi.yg ingin sy prtannyakan bgmn cr nya kt mau plg ke negara asal??

    • Tergantung dari negara ybs. Ada yg membayar denda seperti saudi arabia sebanyak 10 riyal perhari. Ada juga yg diberi perintah wajib lapor dan akan dipulangkan paksa dan blacklisted, ada juga yg dipulangkan dengan penahanan di negara asal. Ada jg yg diproses d pengadilan dgn hukuman penjara max 5 tahun baru kemudian dipulangkan dengan catatan kriminal internasional. Kalo ijin perpanjangan sbnrnya bs terus dilakukan sampe 2×60 hari d bbrp negara. Tp sbnrnya itu adalah tindak kriminal

  22. Trims Infonya admin jadi tambah pengetahuan tentang visa … untuk yang surabaya butuh paspor pernah di tolak imigrasi atau biro jasa kami bisa bantu di 082225947789 biro jasa paspor surabaya PASTI BISA trims Admin …

  23. mas sy pengen ke spore tapi dg pasport kerja mly gmn cara urusnya ya? apa hrs prgi ke kedutaan indonesia apa gmn?

    • paspor kerja maksudnya paspor 24 halaman? setahu saya dapat digunakan juga. tapi alangkah baiknya kalau langsung bertanya di kedutaan. Sekarang posisi sedang bekerja di Malaysia?

  24. Very Valuable info. Thks. Sy ada visa USA mau abis Feb 2015. Mohon info utk case berikut:Saya mau ke USA sktr bln Dec 2014_awal jan 2015. Apakah tdk akan mssalah mengingat visa hampir habis saat sy pergi? Return ticket sy bs tunjukin. Trims sblmnya

    • untuk syarat visa tidak berlaku sebagaimana paspor yg 6 bulan sebelumnya. jadi anda bisa memakainya. Return tiket bisa dijadikan preferensi tanggal kepulangan anda tidak melebihi batas akhir berlakunya visa

  25. Halllo mas salam kenal maaf mas sy ingi nanya beberapa pertanyaan nie dn sy mohon bngt jwbn na.
    1. Sy uda pernah prgi k singapura dan hanya pynya cap spore aja 1. Tp sy berencana bln april 15 akan prgi k korea. Nah ternyta paspor sy hlng dn bbrp mnggu yg lalu uda buat paspor lg penggantian otomatis kan ga ada cap negara bhwa sy pernah k luar nengri. Trus sy akan ngajuin visa u/berlibur k korea slma 11 hri dan rekening tbungan sy hanya 15 jtaan kira2 di trima ga ya krna ga ada cap negara yg pernah sy tuju???

    2. Di syarat visa korea tmn sy jg rencna prgi sm sy dy punya cap ngra si d paspor na. Dy udah kerja mas.tp gaji na kecil n tabungan na dikit kan ga mungkin u/melampiri rekening koran na dy. Tp dy minta dana dari orang tua na yg akan menanggung dy berliburan. Apabole dy mlampirkan surat pernyataan bahwa dy sudah bekerja d salah 1 perusahan(buat myakinkan klo dy uda bekerja g bkkn cri krja dkorea) +surat sponsor dari ortu+ rekening koran tab 3 bln trakhir ortuna? Yg manakah yg ga perlu d lampiri antaa 3 na?klo nglmpiri surat ket krja kan ga perlu prin rec koran n print kitir gaji na dy kan?krna sudah pke sponsor ortu.

    Makasi mas maaf panjang lebar

    • dari pengalaman teman saya yang kemarin barusan beberapa orang ke korea, saya juga menanyakan syarat rekening tabungan ke teman saya. Kebetulan teman saya cuma 5 hari di Korea dan dia melampirkan rekening tabungan sekitar 18 juta rupiah dan memang di approve. Saat ini korea cukup mudah untuk mengajukan visa (melihat dari pengalaman teman teman saya). tetapi saya tidak tahu apakah mereka juga melihat banyaknya cap paspor di dalamnya. Kalau boleh tahu, awalan huruf di nomer paspor mba ari ini pake huruf apa? apakah huruf A/B atau masih huruf belakang (W-Z. Dan apakah 6-7 digit?
      Untuk pertanyaan nomer dua, sebaiknya memang melampirkan surat keterangan kerja untuk memperkuat dukungan surat keterangan orang tua. Untuk rekening, jika masih bulan april, sebaiknya memang ada tambahan rupiah di rekening koran, kan masih ada 4 bulan lagi untuk menambahkan jumlah rupiah. Saya menyarankan mba ari menambahkan jumlah uang di rekening, tidak hanya 15 juta

  26. Halllo mas salam kenal maaf mas sy ingi nanya beberapa pertanyaan nie dn sy mohon bngt jwbn na.
    1. Sy uda pernah prgi k singapura dan hanya pynya cap spore aja 1. Tp sy berencana bln april 15 akan prgi k korea. Nah ternyta paspor sy hlng dn bbrp mnggu yg lalu uda buat paspor lg penggantian otomatis kan ga ada cap negara bhwa sy pernah k luar nengri. Trus sy akan ngajuin visa u/berlibur k korea slma 11 hri dan rekening tbungan sy hanya 15 jtaan kira2 di trima ga ya krna ga ada cap negara yg pernah sy tuju???

    2. Di syarat visa korea tmn sy jg rencna prgi sm sy dy punya cap ngra si d paspor na. Dy udah kerja mas.tp gaji na kecil n tabungan na dikit kan ga mungkin u/melampiri rekening koran na dy. Tp dy minta dana dari orang tua na yg akan menanggung dy berliburan. Apabole dy mlampirkan surat pernyataan bahwa dy sudah bekerja d salah 1 perusahan(buat myakinkan klo dy uda bekerja g bkkn cri krja dkorea) +surat sponsor dari ortu+ rekening koran tab 3 bln trakhir ortuna? Yg manakah yg ga perlu d lampiri antaa 3 na?klo nglmpiri surat ket krja kan ga perlu prin rec koran n print kitir gaji na dy kan?krna sudah pke sponsor ortu.

    Makasi mas sy coment panjang lebar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s